blog-main-1

Sejak dibukanya pendaftaran CPNS 2024, pertanyaan seputar pembelian e-Meterai meningkat. Pasalnya, pada berkas pendaftaran CPNS seperti surat lamaran dan surat pernyataan memerlukan e-Meterai yang pembeliannya tidak bisa sembarangan. Dalam hal ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang bertanggung jawab dalam pelaksanakan perekrutan Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggandeng Peruri dalam penyediaan e-Materai untuk CPNS 2024.

Namun, menjelang penutupan seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, situs untuk pembelian e-Meterai milik Peruri di website materai-elektronik.com tidak bisa diakses hingga saat ini. Gangguan ini dilaporkan sejak dua hari kemarin dan banyak dikeluhkan oleh para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Setelah hampir sepekan gangguan ini terjadi, instagram Peruri banjir protes terkait sistem e-Materai yang tidak bisa diakses. Netizen menyalurkan kekecewaannya di kolom komentar, dan menilai Peruri masih belum siap dalam menyediakan layanan e-Materai di CPNS 2024.

Kalo belom siap sistem web nya gausah promo suruh pake e-materai, jadinya banyak korban ngerasa ditipu karna mereka sudah beli tp e-materai nya gabisa digunakan“, tulis salah satu komentar pada unggahan Instagram @peruri.digital, Rabu (4/9/2024).

“Ayok lah cari jalan keluarnya. Masa sudah berhari hari belum ada solusi. Setidaknya berikan klarifikasi yang jelas dan pasti, jangan penjelasannya mohon di cek berkala atau kami dalam proses perbaikan. Prosesnya itu berapa lama? Waktu sudah tidak banyak lagi. Harusnya kalian harus sudah mempersiapkan situasi terburuk seperti ini. Pendaftaran membludak. Ayok lah,” tulis netizen lain.

Terpantau Peruri telah memberikan klarifikasi melaui story Instagram mengenai website pembelian e-Materai yang tidak bisa diakses dikarenakan mengalami peningkatan traffic. Sementara itu, Peruri telah mengunggah penjelasan mengenai mekanisme pengembalian dana e-Materi bagi yang sudah membeli lewat website Peruri. Peruri pun juga mengakui terkait adanya kendala pada saat proses pembelian e-Materai.

“Kami memahami bahwa terkadang terjadi kendala dalam proses pembelian e-meterai anda, Jangan khawatir untuk sobat CASN yang telah berhasil melakukan pembelian e-Meterai pada website *Meterai-elektronik.com* dan kuotanya tidak digunakan akan tetap bisa melakukan pengembalian dana,” tulis Peruri.

Proses pengembalian dana dapat dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dengan mekanismen sebagai berikut : 

  1. Pengajuan pengembalian dana maksimal 3 hari setelah pembayaran berhasil
  2. Pembatalan pembelian hanya bisa dilakukan untuk 1 invoice pembelian kuota secara utuh
  3. Tidak bisa dilakukan pembatalan pembelian hanya untuk beberapa keping e-materai dalam invoice
  4. Jika kuota user tidak mencukupi untuk pembatalan pembelian, maka pengajuan tidak akan diproses
  5. Uang yang dikembalikan berjumlah 75% dari total pembayaran pada invoice pembelian
  6. Permintaan pembatalan pembelian akan diproses maksimal 45 hari kalender

Pengajuan pengembalian dana bisa dikirim ke email cs.digital@peruri.co.id dengan subjek “CASN-Pengajuan Pembatalan Pembelian materai-elektronik.com”, dengan melampirkan nomor HP, nama, bukti pembayaran, sisa kuota saat ini, dan nomor invoice yag dibatalkan.

Tags : Cpns, Seleksi, peruri, e-materai, refund, bkn, kuota, pendaftaran, casn